SEJARAH KEDATUAN SUPPA bagian 1

oleh : Drs.A.Rimba Alam Pangerang , MSi
(Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa




Lambang kerajaan kedatuan suppa terkini

Latar Belakang


Kerajaan Suppa atau Kedatuan Suppa adalah salah satu Kerajaan Suku Bugis yang disegani di wilayah Ajatappareng dan didaerah Sulawesi Selatan, Setelah kemerdekaan kini kerajaan Suppa merupakan wilayah Kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan. Kerajaan Suppa sendiri dapat dilihat asal usulnya dalam Lontaraq I Lagaaligo yang disebutkan dengan toloqna  Iyarega minruranna Suppa.

Sejarah Berdirinya


ManurungngE ri Bacukiki adalah seorang eksplorer, sekagus seorang visioner kemunculannya sekitar tahun 1500, Beliau tidaklah serta merta menjadi Raja ditempat dimana ia tiba dari proses kemunculannya dimana ia mempersunting Tokoh Dewata setempat.

Beliau melakukan pengembaraan seputar kawasan Lima Ajatappareng untuk mencari kawasan potensial bagi kehidupan anak turunannya dan pengikutnya. Setelah mempersunting We TeppulungE Datu Suppa Pertama serta menetap untuk sementara seraya membina keluarganya, tokoh ini senatiasa melakukan penjelajahan hingga pada suatu ketika, tibalah beliau pada suatu pemukiman yang ramai, Maka ia berkata kepada pengikutnya:  “SawEto tauwE rini” (Ramai orang disini).

Kemudian peristiwa tersebut menjadi versi lain dari awal mula penamaan Kerajaan Sawitto. Kronik inilah yang mendasari sehingga oleh beberapa kalangan sejarawan Sulawesi Selatan menyebut  La BungengE’ ManurungngE ri Bacukiki adalah Addatuang Sawitto I, sementara sejarawan lainnya menyebut GeppoE adalah cucu langsung La BangengE’ sebagai Addatuang Sawitto I.
Penobatan La BangengE selaku Addatuang (Raja) Sawitto I adalah dari dynasti Addatuang Sawitto yang didirikan oleh Puang RisompoE ri Rura MarajaE bersaudara pada abad sebelumnya.


Perubahan gelar wangsa Addatuang (Raja/naungan) menjadi Addatuang (pertuanan), adalah bermula sejak pernikahan La BangengE ManurungE ri Bacukiki dengan We TeppulingE’ ManurungE ri Lawaramparang yang berkedudukan di Kerajaan Suppa yang menyebutkan Datu terhadap Rajanya. 





(bersambung)














Referensi :

1.      Drs. H.L, Mustaka Gandjeng,, “Sejarah Kerajaan Suppa”, tidak dipublikasi, Makassar, 18 Februari 2016 
2.      La Odang Tosessungriu, “ Suppa Negeri Penguasa Teluk”, Tidak dipublikasi, Pare-Pare, Februari 2018
3.      Rimba Alam Pangerang, “Merajut Sistim Pemerintahan di Sul-Sel” 2018  
4.      https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Suppa (akses tanggal 28 Februari 2018)
5.      Muhammad Amir; Konfederasi Ajatappareng
6.      AndiJushan Tenri Tappu : Sekilas Hubungan Kerajaan BOnde dan Kerajaan Suppa.

Komentar