KEDATUAN SUPPA DI KANTOR MENDAGRI JAKARTA

(Perwakilan Kedatuan Suppa pada acara Pengukuhan Majelis Agung Raja Sulatan Indonesia (MARS Indonesia) Di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu)





Jakarta, 24 Agustus 2017

Raja-Raja dari berbagai daerah mulai berdatangan untuk mengikuti Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Nusantara. Nampak antusiasme para Raja Sultan untuk bergabung dalam wadah tunggal organisasi Raja Sultan, yang akan dikukuhkan Mendagri.

Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Indonedia (Mars Indonesia) akan digelar, Kamis 24 Agustus 2017. Tempatnya di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jl Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta.

Hadir Hj Andi Bau Dala Uleng Bau Massepe (Putri Mahkota Kedatuan Suppa) yang telah dilantik dan dinobatkan pada tanggal 18 Maret 2018 lalu di Kabupaten Pinrang. Bersama Hj Andi Fatimah Bau Toeng Bau Massepe, dan Andi Pamadengrukka Mappanyompa (Ketua Majelis Kerukunan To Manurung) Sulawesi Selatan.

Selain itu bersama juga rumpun keluarga dan keturunan datu suppa seperti Andi Karim Beso manggabarani (putra Alm. A. Beso Manggabarani), Bau Malik Krg. Barammamase (Kerajaan Gowa) bersama permaisuri, Hj. Andi Yulianti Patta Ne’nang SH, A. Sirajuddin Oddang (Trah mahkota Kerajaan Tallo),  A. Oddang Pero (Rumpun dari kerajaan Wajo) dan beberapa tokoh lainnya

Acara ini diinisiasi oleh MARS Indonesia yang dibentuk oleh para raja, Sultan, Datu Penglingsir, Pemangku Adat dan Tokoh Pelestari Budaya Kraton untuk membentuk wadah tunggal organisasi-organisasi kerajaan yang sudah banyak di tanah air ini. 

hadir 34 peserta yang terdiri dari perwakilan kerajaan-kerajaan senusantara, dan beberapa tokoh budaya dan adat. 

Terlihat sejumlah Raja yang telah hadir antara lain Raja Palembang Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Sultan Mukomuko H Sultan Bangsa, SH MH, Sultan Pagaruyung Sultan Taufik Thaib, Ida Agra Dalem Pemayun,  Tuanku Bosa XIV, Hari Ichlas Mojolelo,  Sultan Luwu Andi Maradang Mackulau, Sultan Tayan Gusti Yusri, Sultan Banjar Chairul Saleh, Pangeran Hempi Raja Keprabon, Tengku Raja Keumangan, Raja Bana Naineno, Muhammad Sidik bin Haji Mahmud Kaicil, Raja Abdul Hakim Ahmad Aituwarau, Ratu Arimbi dari Kesultanan Kanoman, Pemangku Sultan Bulungan Datu Abdul Hamid,  Sultan Gowa Karaeng Katangka,  Sultan Gunung Tabur, Tengku Mira Sinar,  Andi Maradang dari Kedatuan Luwu,  Andi Bau Malik,  Tuanku Rajo Godang Jambu Lipo,  Datu Dissan dari Kesultanan Bulungan, Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah Raja Alam Surambi Datu Majo Basa  Sungai Pagu Solok Selatan, Panglima Raja Sungai Pagu Dubalang Johny Ersal, dan Dr MH H Andrian dari Kerajaan Paser.

dirilis ulang dari Media Raja 
http://mediaraja.com/para-raja-antusias-hadiri-pengukuhan-mars-indonesia-di-kemendagri/

Lihat juga di sini 

Komentar