MENGENAL DATU SUPPA TERKINI, DATU SUPPA KE 30




Tak kenal maka tak sayang, begitu salah satu pepatah yang kita kenal ini.Kedatuan atau Kerajaan Suppa mengukuhkan Hj Andi Dala Uleng Bau Massepe, putri Datu Suppa (Alm) Andi Abdullah Bau Massepe dan (Alm) We Andi Soji Datu Kanjenne. Pengukuhan ini secara resmi akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 18 Maret 2018 di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan tepatnya di Lapangan Bau Massepe, Kec.Watang Suppa.

Siapa Yang Mulia Hj.Andi Bau Dala Uleng Bau Massepe ini? Beliau adalah Putri dari Andi Abdullah Bau Massepe Datu Suppa Ke-26 (Pahlawan Nasional Kemerdekaan RI) dan Cucu dari Andi Mappanyukki Sultan Ibrahim (Datu Suppa ke 22) dan Raja Bone ke 34. Jadi dalam garis keturunan Beliau adalah kerajaan Bone dan Kerajaan Suppa.

Diusia yang ke 22 tahun beliau pun dinikahkan dengan bangsawan dari Kedatuan Soppeng Andi Mauraga Mahmud, putra dari Datu Soppeng.

Beliau besar di kota Makassar tepatnya di jalan Sungai Tangka (belakang Rujab Gubernur Sulawesi Selatan) bersama suami tercinta Andi Mauraga. Andi Mauraga sendiri adalah akademisi dari fakultas Arsitek Universitas Hasanuddin dan pernah menjabat Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang periode 1994-2002).

Sebagai mana kita ketahui bahwa Datu Suppa sebelumnya adalah almarhum Bau Kuneng Bau Massepe yang mangkat 21 Maret tahun 2014 lalu karena sakit, beliau tak lain adalah putra dari Letnan Jenderal TNI Andi Abdullah Bau Massepe atau Kakak kandung dari Hj.Andi Bau Dala Uleng Bau Massepe.

Bau Massepe sendiri dikenal sebagai pejuang heroik dari daerah Sulsel. Beliau merupakan Panglima pertama TRI Divisi Hasanuddin dengan pangkat Letnan Jenderal yang tewas akibat agresi pasukan Westerling. Beliau juga  merupakan salah satu Putra dari Andi Mappanyukki (Raja Bone ke 34 dan Datu Suppa Ke-22) dan saudara dari Andi Pangerang Petta Rani Gubernur Militer Sulawesi pertama tahun 1956

Komentar